Pages

Soal dan pembahasan Ekonomi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar !
  1. Apa saja yang diperdagangkan di bursa saham?
  2. Bagaimana pasar modal mempengaruhi perekonomian ?
  3. Jelaskan tugas PT Dana Reksa!
  4. Jelaskan tugas BAPEPAM!
  5. Jelaskan perbedaan tugas Bapepam dan Bursa Efek?
  6. Jelaskan fungsi pasar modal sebagai sarana untuk menampung tenaga kerja! Berikan contohnya!
  7. Jelaskan fungsi pasar modal sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas produksi! Berikan contohnya!
  8. Bedakan pasar primer dan pasar sekunder!
  9. Jelaskan perbedaan saham dan obligasi!
  10. Bagaimana pengaruh keadaan politik dan ekonomi suatu negara terhadap perkembangan pasar modal?



Jawaban :

  1. Yang diperdagangkan di bursa saham adalah saham dan obligasi.
  2. Pasar modal mempengaruhi perekonomian melalui fungsinya sebagai sarana penambahan modal bagi badan usaha, sarana pemerataan pendapatan, sarana peningkatan kapasitas produksi, sarana penciptaan lapangan kerja, sarana peningkatan pendapatan negara, dan sebagai indikator perekonomian negara.
  3. PT Dana Reksa bertugas untuk menjaga kestabilan bursa efek, di mana bisnis utamanya adalah mengelola dana dari masyarakat dengan menginvestasikannya ke berbagai saham.
  4. Bapepam bertugas sebagai pelaksana, pengendali, dan pengawas pasar modal serta bertanggung jawab kepada menteri keuangan.
  5. Bursa efek berfungsi sebagai tempat aktivitas jual beli saham dan obligasi. Sedangkan, Bapepam bertugas sebagai pelaksana, pengendali, dan pengawas bursa efek tersebut.
  6. Fungsi pasar modal sebagai sarana untuk menampung tenaga kerja adalah sebagai berikut.
    • Keberadaan pasar modal dapat mendorong muncul dan berkembangnya industri lain yang berdampak pada terciptanya lapangan kerja. Contohnya, perusahaan X memperoleh tambahan modal dengan cara menjual saham ke pasar modal. Kemudian, tambahan modal tersebut digunakan untuk mendirikan perusahaan baru, yakni perusahaan Y. Perusahaan Y tentu akan membutuhkan tenaga kerja.
  7. Fungsi pasar modal sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas produksi adalah sebagai berikut.
    • Dengan adanya tambahan modal yang diperoleh dari pasar modal, maka perusahaan dapat meningkatkan produksi. Contohnya, perusahaan A memperoleh tambahan modal dari pasar modal. Tambahan modal tersebut digunakan untuk membeli alat-alat dengan teknologi canggih, yang dapat meningkatkan produksi.
  8. Pasar primer adalah pasar tempat pertama kalinya surat berharga diperjualbelikan oleh masyarakat atau investor. Sedangkan, pasar sekunder adalah pasar tempat memperjualbelikan surat berharga yang sudah beredar di pasar.
  9. Saham adalah tanda kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan. Pemegang saham berhak memperolah dividen yang besarnya ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Sedangkan, obligasi berisi kontrak antara pemberi pinjaman (pemodal) dengan yang diberi pinjaman (emiten). Setiap pemegang obligasi berhak menerima bunga dengan interval waktu penerimaan berdasarkan kontrak tersebut.
  10. Keadaan politik dan ekonomi suatu negara memengaruhi pasar modal, karena masyarakat atau investor yang membeli saham atau obligasi membutuhkan kepastian dalam perolehan dividen (dari saham) atau bunga (dari obligasi). Jika keadaan politik dan ekonomi suatu negara baik, maka tingkat kepastian tersebut tinggi, sehingga pasar modal akan bergairah.

No comments:

Post a Comment