Pages

Makalah Hubungan Internasonal

A.    Pengertian Hubungan Internasional
Hubungan internasional secara sederhana diartikan sebagai hubungan antar bangsa, baik antara negara dan negara, antara negara dan individu / badan hukum, antara warga negara yang satu dan warga negara yang lain.
Secara singkat, hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa yang dilakukan melalui hubungan langsung maupun tidak langsung.
Hubungan internasional secara sederhana didefinisikan sebagai studi tentang interaksi beberapa aktor yang berpartisipasi dalam politik internasional, yang meliputi negara-negara, organisasi internasional, organisasi non-pemerintah, kesatuan hubungan sub-nasional (kelompok-kelompok atau badan-badan dalam suatu negara), seperti birokrasi dan pemerintah domestik serta individu-individu.

B.    Pentingnya Hubungan Internasional
Hubungan internasioal menjadi penting bagi suatu negara, karena di masa sekarang diyakini bahwa tidak ada negara yang dapat berdiri sendiri. Dengan adanya hubungan internasional, pencapaian tujuan negara akan lebih mudah dilakukan dan perdamaian dunia lebih mudah diciptakan.
Dengan demikian tak satu bangsa pun di dunia ini dapat membebaskan diri dari keterlibatan dengan bangsa dan negara lain. Bagi suatu negara hubungan dan kerjasama internasional sangat penting. Menurut Mochtar Kusumaatmadja (1982), hubungan dan kerja sama tersebut timbul karena adanya kebutuhan yang disebabkan antara lain oleh pembagian kekayaan alam dan perkembangan industri yang tidak merata di dunia.
Jadi, adanya saling ketergantungan dan membutuhkan antarbangsa yang menjadi alasan utama pentingnya hubungan internasional.

1 comment: